Ekspedisi Gunung Kontrakan, Menilik Potensi Pariwisata Baru di Desa Sidem – Kecamatan Gondang

Siapa yang tak mengenal Kampung Susu Dinasty (KSD)? objek wisata edukasi yang terletak di Desa Sidem, Kecamatan Gondang ini terkenal di kalangan masyarakat sebagai penghasil produk susu sehat yang dapat kalian beli ketika berkunjung kesini. Lain halnya Kampung Susu Dinasty, apakah sobat mengetahui adanya potensi pariwisata lain di Desa Sidem?

Dia adalah Gunung Kontrakan. Belum banyak masyarakat terutama masyarakat Desa Sidem sendiri yang mengetahui potensi indah pemandangan Desa Sidem dari Gunung Kontrakan. Kalian dapat melihat pemandangan keindahan Lembah Sidem dari puncang gunung ini. Mengapa kita menyebutnya Lembah Sidem? Ya. Diatas sini semakin terlihat jelas bahwa Desa Sidem tepat berada di titik terendah diantara dua rangkaian pegunungan di sebelah timur (Gunung Kontrakan-Bantar Angin) dan barat (Tumpak Kenong-Kekep). Mengetahui hal ini view terbaik puncak gunung ini mengarah ke Timur-Selatan. Dari view ini pula kalian dapat melihat rangkaian pegunungan selatan Tulungagung yang semakin menambah ini pesona landscape Desa Sidem dari ketinggian.

Gambar. Pemandangan dari puncak Gunung Kontrakan

Pendakian menuju puncak gunung ini dapat diakses melalui 2 jalur, yaitu jalur dari Dusun Bago atau jalur Dari Dusun Pucung. Kedua akses jalur ini masih belum terlalu baik. Jalan di jalur pendakian masih relatif sempit dan didominasi semak belukar dan rerumputan tinggi. Namun hal ini yang membuat proses selama pendakian menjadi lebih seru. Pemandangan alami di jalur pendakian menambah sensasi tantangan dalam menggapai puncak Gunung yang menurut masyarakat setempat sempat menjadi basecamp tentara Belanda ketika zaman penjajahan.  Di sepanjang jalur pendakian juga terdapat rimbunan pohon pinus yang menjadi ciri khas vegetasi di dataran tinggi. Selain hal itu rerumputan tinggi yang mengering berwarna coklat keemasan membuat proses pendakian serasa berjalan diantaranya padang rumput sabana di Afrika

Gambar. Proses Pendakian Menuju Gunung Kontrakan

Bagimana? tertarik hiking ke Gunung Kontrakan?

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?